Saturday, October 28, 2006

Kegiatan hari ke 3

Sekembalinya kami dari camping ground ke hotel, setelah serah terima kunci dengan pak Afin, acara santai aja sambil nunggu teman2 yang mandi diflat kami.
Juga nontonin Daffa yang rewel gak mau makan, sambil keluarga Napol juga siap2 akan kembali ke AD.
Pagi ini yang kembali ke AD adalah keluarga Lukito dan keluarga Napol.

Kalau pak Lukito karena Sabtunya harus langsung ke Field, kalau keluarga Napol karena akan open house Sabtu malamnya.
Setelah mereka semua jalan; agak sepi juga rasanya kurang 10 jiwa, kita juga gak ada acara lain selain nunggu waktu makan siang yang disepakati akan makan diluar aja.


Makan siang di "warung" terdekat Kahsab agak bikin jengkel karena mereka cuman nyediain menu simple buat siang hari, yang enak2 hanya malam hari.
Udah gitu pake acara lama nunggunya lagi, malah lokal2nya yang datang terakhir kok malah makan duluan ya ? Rada2 pilih2 apa gimana ini ?
Karena udah lapar dan udah keburu jengkel jadi aja gak bikin foto makanannya.
Tapi abis makan siang rada terhibur juga gara2 kita sempet jalan2 ke DAM mereka dan juga ke perkebunan gersang mereka.
Khasab itu terletak dilembah bukit cadas yang kalau hujan meski jarang hujan tapi air langsung mengalir deras dari bukit ke dataran yang ada dikota ini dan bikin banjir bandang.

Karena lokasi kota Khasab dilembah yang cukup sempit, gak seperti disini lebih lebar celah lembahnya.
Makanya dicegah dengan bikin 2 dam disebelah bukit yang tinggi kearah Sall Alla dan kearah Dabba.(setahun kemudian gak sangka sampai juga kita ke Dabba Dibba)
Pada saat kering kayak gini sih emang sangat aneh lihat dam kering gitu, tapi katanya kalau hujan dam ini sangat berguna. Ah jadi pengen datang lagi pas hujan deh....


Peta Musandam Peninsula, sekedar tau kemana kita berada.

Perjalanan menuju Dabba sebetulnya, hanya kami sih gak terus sampai sana karena Dabba sebetulnya dibagian UAE. Hanya jalan menuju kota tsb terdapat dam didekat kota Khasabnya.

Pemandangan seperti ini selama perjalanan dan tampak sebagian mendung, walah apa mau hujan sore ini ? ternyata tidaaakkkkk.....

Kalau fasilitas listrik sih oke punya, jalanan meski gak beraspal tapi cukup rata dan meskipun cukup berdebu, maklum gak pernah hujan eh salah belum hujan.

Ada sih dikit2 pohon pendek ijo juga tapi kasihan banget deh daunnya gak bisa napas kayaknya abis ketutup debu banget neh...


Kalau yang agak garing kayak gini, dan jenis tanamannya semua kayak gini, kayak tanaman mati padahal engga lho, dan sering2 kita lihat kambing nangkring diatas pohon, cari daunnya, kebayang kan kambing disini makan apa, gak ada rumput gak ada semak yang ada kertas, dan tadi emang lihat kambing makan kertas.....

Ternyata ada perumahan juga nun jauh dikaki bukit itu, dan katanya sih sekitar 100 keluaraga yang tinggal disana.

Iya emang kelihatan agak besar perumahan disana , kampung bedoin katanya.

Lihat mulus juga kan jalannya biarpun gak diaspal tapi diperkeras banget jadi ya mayan mulus sih jalan kerikil ini.

Bikin foto ini karena demen lihat bayangan di bukitnya, bayangan awan yang indah.

Nah ini papan penunjuk jalan dan tanah yang gak rata itu katanya sisa kalau banjir beceknya bukan main dan pada ngambil lumpurnya disini, lupa tanya buat apa....

Pemandangan ex becek tadi dan kelihatan ada jalan menuju kearah sana....

tampak kan lembah yang sempit, nah itu kalau lurus ya kota Khasabnya.

Gersang dan sepi....heran deh samsek gak ada orang, juga binatang apapun, coba kalau bikin film koboi gitu kan kayaknya cocok disini.

Turun bentar ah... capek juga dalam mobil aja mana berdebu banget kan jalannya....
Jalan dikit lihat ki ka...ternyata sama aja...he he he...


Rupanya nama kampungnya A'Siliyan, kayaknya bener deh nama kampungnya....(mudah2an sih), abis nama apalagi kalau petunjuknya mengarah kekampung itu tadi.
Taunya artinya pembagian rejeki gratis.....halah...


Nah ini damnya, kelihatan kan rapih banget dari batu tapi kok kayaknya gak diplester semen ya ? kelihatan banget tumpukan batu2nya.

Suasana sekitar dam nya..., kok gak ada tanda2 sedikitpun kalau bekas ada air tapi papan peringatan tentang bahaya banjir dimana mana, heran juga deh.

Tanggul sebelah jalan, kayak beneran deh ada air bah kalau hujan...sulit dipercaya deh...

Waduknya kalau dilihat dari agak kejauhan, meyakinkan waduk sih, hanya mana airnya...kok jadi kayak kedung Ombo waktu masih kering....

Disisi kiri waduk jalan raya memang dibikin tinggi tapi anehnya kenapa terus menurun ya ? masa airnya hanya disana aja lalu disini langsung terserap ? misteri deh....

Bagian luar dari bendungannya, ada pohon dikit2 aja...

kembali ke kota Khasab, kecelah yang sempit tadi, terlihat perkampungan didepan adalah pabrik tegel dan pabrik kerikil, walah disini mah lahannya kerikil.

Ketika jalan akan menuju airport kita belok kiri, maka ada pemandangan ijo macam gini.
Unik juga kok tiba2 ada tanaman yang sangat ijo....jadilah kita belok kedaerah ini.


Ternyata ini mah pembibitan tanaman, mungkin mereka baru nyoba buat bikin hijau kota Khasab. Ada rumput ijo banget lagi, nah ternyata bisa juga kan tumbuh rumput.Mungkin bukan budayanya tanam rumput dulunya.

dan setelah kita jalan terus disisi tempat pembibitan itu tadi, kok ada lahan luas yang isinya tanaman ini aja....

Nah masih terlihat kan pohon ijo tadi dan pohon tradisionil Oman, yang kayak mati gersang tapi gak mati....

Masih perkebunan tanaman gersang, banyak banget lagi.

Ternyata ada jalan terus neh, ayuk kita explore kedaerah sini....

Kayak ada bekas sungai kering ya ? Benerkah kalau hujan emang banyak airnya ? apa gak keburu keserap tanah yang kering ini airnya ?

luas juga kan lahan pohon2 ini, biasanya sih banyak banget kambing tapi entah kok kali ini gak ada sama sekali kambing padahal kambingnya pengen difotoin karena kadang warnya unik, ada yang belang2 malah ada yang belang 3, kayak kucing aja.

Lihat pilar2 itu, ini adalah penanda untuk pejalan mobil , kalau airnya sampai batas warna merah berarti jangan jalan nerabas masuk, berarti sudah cukup dalam sekali banjirnya...
kebayangkan kalau ada peringatan gini artinya pernah banjir sedalam itu kan ? aneh gak sih ? kayak gak mungkin lho. *ngeyel.com*


Nah Tanggulnya udah kelihatan , ini tanggul dilembah sebelahnya yang tadi jadi tepat dibalik bukit yang tadi.

luas banget lagi tanggulnya.....

Pohon ngenes judule, abisnya gak ijo lagi daunnya karena tertutup debu, tapi hebatnya bisa tumbuh didaerah kering kayak gini yang kalau hujan banjir tapi hujannya juga kapan tau.

Malam hari Pak Ifan ngajakin kita makan malam di open air gini, siang tadi kita udah pesen mau makan apa aja dan juga reserve tempatnya. Bener aja kita tadi siang datang dulu, kalau engga penuh banget deh , banyak banget yang makan disini, bahkan bule2nya juga makan disini.

Yang aneh lihat deh disebelah kanan kami, kok ada lokal , pak tua ngambil satu kursi kami dan duduk disitu, sambil bawa tasbih....

Suasana malam ini sambil nunggu pesenannya dibakar, untung gak nunggu pesenannya ditangkap dulu biar extra fresh.

Sebelah kami rombongan dari filipin, tapi disisi jauh rombongan bule2nya...
Kalau lokalnya kebanyakan take away aja kelihatan dari tadi mobil2 pada datang terus ngambil bungkusan dan pergi.

Nah lihat itu, lokalnya banyak banget dan mobilnya juga banyak banget, yang pada take away, abisnya bini2nya kan pada bercadar kalau makan ditempat terbuka gini kan gak selesa, mending dirumah aja.
Padahal sih didalam restonya juga bisa makan, tadi siang kita lihat banyak yang makan disini. tapi mungkin karena kursi2nya udah dibawa keluar didalam gak ada kursinya.

Nah pesanan kita datang, sebelnya aku masih bikin foto, tuan2 nih langsung santap aja....kayaknya laper berat deh.
Menu kita malam ini adalah ikan bakar, ikan sherii, enak seger banget ikannya.
Udang grill, yang seporsi isinya cuman 9 aja, tapi udangnya besar banget dan mahal banget tapi juga enak banget.
Ayam grill, juga enak , khas banget rasanya.

Masih ditambah ama kare sayuran , maklum yang jualan india..., sementara minuman kita pesan juice pommegranate belum datanhg dan abis itu beser berat kalau udah minum jus itu.

Keluarga Irfan sedang asyik ngobrol dan makan....
Udang bakarnya emang enak banget ya ?

Yak lihat siniiiii, asyik bersantap semua.
Biar agak mahal cuman gak nyesel kok, soale emang seger dan endang gurindang sih.

Kelihatannya semua enjoy dengan pesanannya masing2 deh.... Tapi itu pesanan siapa ya kok masih utuh, sementara Lita masih bergulat ama Jihadnya....piring masih kosong.



back to : PERJALANAN KE KHASAB 2006

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home